Tasik Binangkit

Tentang Kerajinan Tangan Tasikmalaya

Dari Sukapura ke Tasikmalaya 18 Oktober 2009

Filed under: Sejarah — tasikgandsakri @ 3:06 am
Tags:

Setelah berpindah-pindah, pada tahun 1901 pusat pemerintahan  Sukapura dipindahkan dari Manonjaya ke kota Tasikmalaya sekarang yang saat itu belum bernama Tasikmalaya. Sebutan Tasikmalaya baru digunakan tahun 1913.

 

Rumah Asisten Residen Tasikmalaya (Lap.Kabupaten), 1880. Sekarang alun-alun Tasikmalaya (http://forum.tasikmalayakota.go.id/)

Rumah Asisten Residen Tasikmalaya (Lap.Kabupaten), 1880. Sekarang alun-alun Tasikmalaya (http://forum.tasikmalayakota.go.id/)

 

Pusat kota Tasikmalaya, pada mulanya tidak di tempat yang sekarang kita kenal sebagai kota Tasikmalaya, akan tetapi terletak di sebelah selatannya di kecamatan Sukaraja. Pada saat itu belum bernama Tasikmalaya akan tetapi bernama Sukapura. Sebutan Sukapura berasal dari kara “Soka Pura” yang berarti “Jejer Karaton” atau Tiangnya Istana {soka = tiang, pura = istana) 1)

Setelah berpindah-pindah dari Sukaraja ke Banjar, lalu ke Manonjaya, maka pada tanggal 1 Oktober 1901, oleh Bupati Wiratanuwangsa (1901-1908),  pusat pemerintahan dipindahkan dari Manonjaya ke kota Tasikmalaya sekarang. Akan tetapi namanya masih tetap Sukapura. Baru pada pemerintahan Bupati Wiratanuningrat (1908-1937), tahun 1913 nama kabupaten Sukapura diganti menjadi kabupaten Tasikmalaya.

Dalam buku Pangeling-ngeling 300 Taun Ngadegna Kabupaten  Sukapura (Tasikmalaya) dikatakan bahwa sebutan Tasikmalaya berasal dari kata “tasik” yang berarti “situ” atau danau dan “malaya” yang artinya gunung 2). (Di samping itu ada pula yang mengatakan sebutan Tasikmalaya berasal dari kata “keusik ngalayah” yang berarti  “pasir berserakan”,  akibat letusan gunung Galunggung).

————————————————————————-
1,2. Patih Rd. Sastranegara. Pangeling-ngeling 300 Taun ngadegna Kabupaten Sukapura (Tasikmalaya), 1933.

Blogged with the Flock Browser
 

2 Responses to “Dari Sukapura ke Tasikmalaya”

  1. Sepertinya perlu koreksi. Kita lihat foto Rumah Asisten Residen bertahun 1880. Padahal, pusat pemerintahan pindah ke kota Tasikmalaya sekarang tahun 1901, sementara nama Tasikmalaya sendiri baru digunakan tahun 1913. Ada yang tahu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s